BPMD Konut - Desa Inovasi

BRIN Pilih Konawe Utara Jadi Desa Inovasi Pertama

Konawe Utara – Humas BRIN. Desa Laramo di Kecamatan Lembo terpilih menjadi Desa Inovasi pertama di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Pemilihan tersebut menjadi bagian dari Program Desa Inovasi yang dirilis oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Program ini merupakan sebuah kerja sama antara Pusat Riset Politik (PRP) BRIN dengan Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, khususnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Desa Inovasi bertujuan untuk mengedukasi masyarakat melalui kekuatan kolektif masyarakat Laramo dari berbagai suku, etnisitas dan profesi. Program ini dilakukan untuk mendorong pelaksanaan program pelayanan publik pemerintah desa yang berkualitas, berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Tujuan lainnya juga untuk memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat desa.

Program Desa Inovasi terdiri dari 5 klaster atau pilar utama, yakni Smart People, Smart Governance, Smart Economy, Smart Living/Environment, dan Smart Heritage. Kelima klaster ini saling melengkapi dan menjadi satu kesatuan yang utuh (continuum).

Peresmian Program Desa Inovasi dilaksanakan pada Rabu (04/10) di Gedung Serba Guna (Balai Desa) Desa Laramo. Hadir dalam acara launching tersebut Ketua Desa Inovasi, Siti Zuhro bersama Tim Desa Inovasi, Wakil Bupati Konawe Utara, Abuhaera, Ketua PKK Kabupaten Konawe Utara, Nurponirah, Kepala Dinas DPMD Syukur Impi beserta jajarannya, Kepala Desa Laramo, Nurdin beserta perangkat desa, camat, serta kepala desa di wilayah lainnya, pionir desa, dan warga Desa Laramo.

Pada kesempatan tersebut, Siti Zuhro menyampaikan selamat kepada Kepala Desa Laramo karena desa di bawah kepemimpinannya terpilih menjadi desa pertama di Konawe Utara yang akan menjalankan program Desa Inovasi.

 “Bukan tidak mungkin desa-desa lainnya nanti akan datang dan belajar dari kesuksesan Desa Laramo dalam memajukan kelima pilar Desa Inovasi,” ujar Peneliti Pusat Riset Politik tersebut.

Tidak hanya itu, untuk memperkuat kelima pilar tersebut, khususnya Smart Living/Environment, Tim Desa Inovasi BRIN juga melibatkan Suryono Arief Wijaya, Ketua Proklim Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kertasura, Kabupaten Sukoharjo yang juga merupakan seorang inovator.

Acara launching tersebut ditutup dengan penampilan tari daerah oleh remaja putri Desa Laramo. (Eko/ ed: aps)

Sumber:
https://www.brin.go.id/news/115848/brin-beri-penghargaan-desa-inovasi-pertama-di-konawe-utara

Share

Add Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *